Apa itu bahasa pemrograman ??

Wednesday, April 17, 2013

BAHASA PEMROGRAMAN

Untuk dapat menggunakan komputer, maka kita harus dapat menyediakan serangkaian instruksi yang dapat diproses oleh komputer. Perencanaan rangkaian instruksi yang dapat dimengerti oleh komputer disebut memprogram, atau penulisan program komputer. Dimana, pekerjaan penulisan program ini sangat bergantung kepada pengertian tentang persoalan yang dihadapi, struktur dan rencana penyelesaiannya, serta pemilihan bahasa pemrogramman yang sesuai.

Dalam merencanakan pembuatan program komputer secara efektif dan effisien perlu adanya pertimbangan tentang kebutuhan bahasa pemgrograman. Tidak semua program komputer dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam menangani suatu persoalan. Sebagai contoh, untuk memprogram yang lebih condong kepada interpretasi perangkat keras (hardware), bahasa Binnary atau Assembler akan lebih cocok. Sebaliknya, untuk urusan bisnis, COBOL akan lebih gampang digunakan. Tetapi, untuk membuat program yang berhubungan dengan masalah-masalah keteknikan bahasa FORTRAN, PASCAL, atau C++ jauh lebih tepat untuk dipilih.

Dalam pemrograman komputer, dikenal beberapa macam bahasa yang digunakan untuk dapat berkomunikasi dengan komputer, yaitu :
Bahasa Aras Rendah (Low Level Language) atau sering disebut bahasa mesin (Machine Language) merupakan bahasa pemrograman yang paling primitif dalam memprogram komputer digital. Bahasa ini sangat dekat dengan kerja dari mesin komputer itu sendiri. Seluruh instruksi bahasa mesin tidak menggunakan tanda-tanda abjad, hanya menggunakan tanda tanda numerik yang merupakan perpaduan dari bilangan 0 dan 1. Program yang ditukis daalam bahasa ini langsung dimengerti oleh komputer tanpa harus diterjemahkan lebih dahulu.

Bahasa Assembler merupakan instruksi-instruksi yang dibuat dengan abjad dan tanda-tanda numerik. Instruksi yang digunakandalam bahasa ini disebut Mnemonic. Program yang dibuat dalam bahasa assembler, harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa mesin sebelum dijalankan di komputer. Bahasa menggunakan register dan segmen memori komputer yang disebut ofset. Bahasa Assembler sangat sulit dan kompleks sehingga hanya dipergunakan oleh pemrogram berpengalaman.

Contoh Program Assembler

DOSSEG

.MODEL SMALL

.STACK

.CODE

EXTRN WRITE_DECIMAL:PROC

TEST_WRITE_DECIMAL PROC

MOV DX,12345

CALL WRITE_DECIMAL

MOVE AH, 4Ch

INT 21h

TEST_WRITE_DECIMAL ENDP

END TEST_WRITE_DECIMAL


Bahasa Tingkat Tinggi (high-level language) merupakan bahasa pemrograman yang mendekati bahasa manusia. Bahasa aras tinggi ini menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris yang dikombinasikan dengan titik, koma dan sebagainya dan tanda-tanda aljabar yang telah dikenal. Contoh bahasa tipe ini adalah FORTRAN, PASCAL, C, C++, BASIC.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share It

 
Support : Adi Hamdani | Civil Engineering | Universitas Pendidikan Indonesia
Copyright © 2011. Civil Network - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Adi Hamdani
Proudly powered by Blogger